KOMUNIKASI DESAIN VISUAL

by 2:16 PM 0 comments
Pengertian Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual atau lebih biasa disebut di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang dapat dilihat atau dibaca.
DKV itu sendiri, ditinjau dari asal kata (etimologi) istilah ini adalah singkatan dari tiga kata yaitu Desain Komunikasi dan VisualDesain diambil dari kata “designo yaitu Bahasa Itali yang artinya gambar. Sedang dalam Bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin “designare” yang artinya merencanakan atau merancang.
Komunikasi berarti menyampaikan suatu pesan dari komunikator kepada melalui suatu media dengan maksud tertentu. Komunikasi sendiri berasal dari bahasa Inggris communication yang diambil dari bahasa Latin “communis” yang berarti “sama”. Kemudian komunikasi kemudian dianggap sebagai proses menciptakan suatau kesamaan atau suatau kesatuan pemikiran antara pengirim dan penerima.
Sementara kata Visual bermakna segala sesuatu yang dapat dilihat dan direspon oleh indera penglihatan kita yaitu mata. Berasal dari kata Latin videre yang artinya melihat yang kemudian dimasukkan ke dalam Bahasa Inggris yaitu visual.
Jadi, DKV itu sendiri dapat diartikan sebagai penyampaian pesan melalui bahasa rupa atau visual yang disampaikan melalui media desain, untuk menginformasikan kepada audience sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Prinsip
Pesan visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.





Lingkup Desain Komunikasi Visual
Di Indonesia kegiatan desain dikelompokkan menjadi tiga bagian besar, yang terdiri dari:
a. Desain Produk Industri (Industrial Design)
b. Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design)
c. Desain Interior (Interior Design)
Dalam tulisan ini hanya akan dibahas tentang Desain Komunikasi Visual, yaitu:
Profesi yang mengkaji dan mempelajari desain dengan berbagai pendekatan dan pertimbangan, baik yang menyangkut komunikasi, media, citra, tanda maupun nilai. Dari aspek keilmuan, desain komunikasi visual juga mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan pesan, teknologi percetakan, penggunaan teknologi multimedia, dan teknik persuasi pada masyarakat. (Sachari, 2005:9)
Cenadi (1999:4) menjelaskan pengertian Desain komunikasi visual sebagai desain yang mengkomunikasikan informasi dan pesan yang ditampilkan secara visual. Desainer komunikasi visual berusaha untuk mempengaruhi sekelompok pengamat. Mereka berusaha agar kebanyakan orang dalam target group (sasaran) tersebut memberikan respon positif kepada pesan visual tersebut. Oleh karena itu desain komunikasi visual harus komunikatif, dapat dikenal, dibaca dan dimengerti oleh target group tersebut.

Ruang lingkup desain komunikasi visual, meliputi:
• Desain Grafis Periklanan (Advertising)
• Animasi
• Desain Identitas Usaha (Corporate Identity)
• Desain Marka Lingkungan (Environment Graphics)
• Desain Multimedia
• Desain Grafis Industri (Promosi)
• Desain Grafis Media (Buku, Surat Kabar, Majalah, dll)
• Komik, Karikatur, Poster
• Fotografi, Tipografi, dan Ilustrasi

Salah satu contoh karya untuk DKV, yaitu poster promosi:



Refrensi:


Dianita Ananda

Developer

0 comments:

Post a Comment