Pengertian
Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual atau
lebih biasa disebut di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan
istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai
pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang dapat dilihat atau dibaca.
DKV itu sendiri,
ditinjau dari asal kata (etimologi) istilah ini adalah singkatan dari tiga kata yaitu Desain Komunikasi dan Visual, Desain diambil
dari kata “designo” yaitu Bahasa Itali yang artinya gambar. Sedang dalam
Bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin “designare” yang artinya merencanakan atau merancang.
Komunikasi berarti
menyampaikan suatu pesan dari komunikator kepada melalui suatu media dengan
maksud tertentu. Komunikasi sendiri berasal dari bahasa Inggris communication
yang diambil dari bahasa Latin “communis”
yang berarti “sama”. Kemudian komunikasi kemudian dianggap sebagai proses
menciptakan suatau kesamaan atau suatau kesatuan pemikiran antara pengirim dan
penerima.
Sementara kata Visual bermakna
segala sesuatu yang dapat dilihat dan direspon oleh indera penglihatan kita yaitu
mata. Berasal dari kata Latin “videre”
yang artinya melihat yang kemudian dimasukkan ke dalam Bahasa Inggris yaitu visual.
Jadi, DKV itu sendiri dapat diartikan sebagai
penyampaian pesan melalui bahasa rupa atau visual yang disampaikan melalui
media desain, untuk menginformasikan kepada audience sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai.
Prinsip
Pesan visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.
Pesan visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.
Lingkup Desain Komunikasi
Visual
Di Indonesia kegiatan desain dikelompokkan menjadi
tiga bagian besar, yang terdiri dari:
a. Desain Produk Industri (Industrial Design)
b. Desain Komunikasi Visual (Visual Communication
Design)
c. Desain Interior (Interior Design)
Dalam tulisan ini hanya akan dibahas tentang Desain
Komunikasi Visual, yaitu:
Profesi yang mengkaji dan mempelajari desain dengan
berbagai pendekatan dan pertimbangan, baik yang menyangkut komunikasi, media,
citra, tanda maupun nilai. Dari aspek keilmuan, desain komunikasi visual juga
mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan pesan, teknologi
percetakan, penggunaan teknologi multimedia, dan teknik persuasi pada
masyarakat. (Sachari, 2005:9)
Cenadi (1999:4) menjelaskan pengertian Desain
komunikasi visual sebagai desain yang mengkomunikasikan informasi dan pesan
yang ditampilkan secara visual. Desainer komunikasi visual berusaha untuk
mempengaruhi sekelompok pengamat. Mereka berusaha agar kebanyakan orang dalam
target group (sasaran) tersebut memberikan respon positif kepada pesan visual
tersebut. Oleh karena itu desain komunikasi visual harus komunikatif, dapat
dikenal, dibaca dan dimengerti oleh target group tersebut.
Ruang lingkup desain komunikasi visual, meliputi:
• Desain Grafis Periklanan (Advertising)
• Animasi
• Desain Identitas Usaha (Corporate Identity)
• Desain Marka Lingkungan (Environment Graphics)
• Desain Multimedia
• Desain Grafis Industri (Promosi)
• Desain Grafis Media (Buku, Surat Kabar, Majalah, dll)
• Komik, Karikatur, Poster
• Fotografi, Tipografi, dan Ilustrasi
Salah satu contoh karya untuk DKV, yaitu poster
promosi:
Refrensi:



0 comments:
Post a Comment