Internet adalah sebuah dunia maya pada jaringan komputer
(interkoneksi) yang terbentuk dari milyaran komputer di seluruh dunia.
Dimulai pada pertengahan tahun 70-an saat perang dingin dan mencapai
puncaknya pada tahun 1994, ketika interface grafis dan isi dari jaringan
tersebut diciptakan dan diperuntukkan kepada masyarakat umum sehingga dapat
dipergunakan secara lebih mudah. Internet memungkinkan kita untuk menghilangkan
hambatan jarak dan waktu dalam mendapatkan informasi. Dari segi ekonomi,
internet merupakan sebuah jawaban yang sangat efisien, efektif dan relatif
murah jika dibandingkan dengan hasil yang akan didapat. Berikut akan diuraikan
dampak positif dan negatif internet.
a. Dampak positif
1) Pendidikan
Kalian
mungkin pernah mendengar pembelajaran online, pembelajaran online ini
memungkinkan antara guru atau pembimbing dengan murid atau warga belajar dapat
melakukan proses pembelajaran dengan jarak yang berjauhan sebagai contoh guru
berada kota A dan murid berada di kota B dengan jarak tertentu, keduanya dapat
saling berkomunikasi untuk melakukan pembelajaran, baik dengan teks, audio atau
suara, video atau gambar bergerak. Dengan demikian maka akan membawa keuntungan
antara lain:
a) Menghemat waktu proses belajar
mengajar.
b) Menghemat biaya perjalanan.
c) Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan
(infrastruktur, peralatan, buku-buku).
d) Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas.
e) Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu
pengetahuan.
Selain
hal-hal di atas kalian bisa mendapatkan materi-materi pelajaran di internet,
kalian dapat sekadar membaca atau mengambil file yang ada di internet. Bisa
dikatakan setiap permintaan di internet pasti akan diberi dan dijawab oleh
internet, dan ini tergantung bagaimana pengetahuan kalian tentang internet.
2) Belanja Elektronik (E-Commerce)
Teknologi ini
biasanya ditemui di kota-kota besar yang sebagian besar penduduknya sangat
sibuk bekerja, mereka berangkat bekerja di pagi hari kemudian pulang larut
malam, sehingga tidak ada waktu untuk mereka berbelanja ke supermarket atau
pasar.
Dengan adanya teknologi ini mereka dapat berbelanja melalui
internet pada swalayan yang telah dilengkapi teknologi E-commerce dan tidak
harus membayar secara tunai tetapi dibayar secara otomatis melalui rekening
yang mereka miliki, kemudian barang belanjaan sudah diantar ke alamat.
3)
Pertahanan
Perlu
diketahui bahwa internet pertama kali diciptakan untuk Departemen Pertahanan
Amerika, sehingga saat ini departemen pertahanan negara-negara di dunia sudah
menggunakan teknologi internet untuk mengelola informasi dan mengendalikan
alat-alat pertahanan. Dan masih banyak lagi departemen-departemen atau instansi
lain yang menggunakan teknologi ini.
b. Dampak Negatif
1)
Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen 'browser' melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis homepage yang dapat
diakses.
2)
Kekerasan dan Kesadisan (Violence and Gore)
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat 'menjual' situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
3) Penipuan
Hal ini
memang telah merajalela. Internet pun tidak luput dari serangan para penipu.
Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4) Carding
Karena
sifatnya yang 'real time' (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu
kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan kartu kredit) online dan mencatat kode kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
5)
Perjudian
Dampak
negatif lain adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para
penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Kalian
hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya
Sumber:
Pembelajaran Teknologi Teknologi Informasi dan Komunikasi/Joko Pramono, Pris Priyanto; ilustrator, Ady Wahono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Pembelajaran Teknologi Teknologi Informasi dan Komunikasi/Joko Pramono, Pris Priyanto; ilustrator, Ady Wahono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

0 comments:
Post a Comment